Sabtu, 26 November 2016

TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK




NAMA : LENNI TAMPUBOLON
KELAS : PGSD 1 SEMETER 1
NPM     : 160910011

TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

1.Apa itu perkembangan peserta didik ?
Jawab : Perkembangan peserta didik merupakan bagian dari pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan yang secara khusus mempelajarai aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan sekolah menengah. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang, peserta didik memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju ke arah titik optimal kemampuan fitrahnya.
Prinsip-prinsip perkembangan peserta didik meliputi perkembangan adalah proses yang tak berakhir, setiap anak bersifat individual dan berkembang sesuai dengan perkembangannya, semua aspek perkembangan saling berkatan, perkembanagan berlangsung dari kemampuan bersifat umum menuju ke bersifat khusus, serta perkembangan itu terarah dan dapat diramalkan.

2.Apa hubungan antara kreativitas dengan intelektual pada anak ?
Jawab : intelegensi adalah kemampuan untuk melakukan abstraksi, tetap berfikir logis dan cepat sehingga dapat bergerak dan menyesuaikan terhadap situasi baru. Dalam intelegensi dan kreativitas memilki hubungan yaitu tahapan sensori-motoris (0-2 tahun), tahapan praopersonal (2-7 tahun), tahapan operasional konkret (7-11 tahun), tahapan operasional formal (11 tahun ke atas). Dari tahapan-tahapan itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap intelegensi yaitu faktor hereditas dan lingkungan. Faktor yang mempengaruhi intelegensi ada empat yaitu pembawaan, kematangan, pembentukkan, dan minat. Dari pengaruh kedua faktor tersebut itu pada kenyataannya tidak terpisah secara sendiri-sendiri melainkan seringkali merupakan resultan dari interaksi keduanya.

3.Bagaimana perkembangan bahasa,intelektual,emosional pada anak ?
  Jawab :
A.Perkembangan Intelektual Anak
Perkembangan Intelektual anak yang biasa juga ditandai dengan perkembangan kognitif oleh Piaget ditandai dengan:
  • masa sensorimotorik (0 – k.l.* 2 tahun)
  • masa praoperasional (k.l. 2 – U. 7- tahun) masa operasional konkret (k.l. 7 – U. 12 tahun)
  • masa formal operasional (k.l. 12 tahun ke atas)
  • masa abstrak formal (k.l. 17 tahun ke atas)
B.perkembangan bahasa pada anak
bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh seseorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang lain. Bahasa merupakan alat bergaul. Oleh karena itu, penggunaan bahasa menjadi efektif sejak seorang individu memerlukan berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa diperlukan sejak manusia bayi dan mulai berkomunikasi dengan orang lain.
Perkembangan bahasa terkait dengan perkembangan kognitif, yang bebrarti faktor intelek sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berbahasa. Perkembangan bahasa dipengaruhi oleh lingkungan, karena bahasa pada dasarnya merupakan hasil belajar dari lingkungan. Anak (bayi) belajar bahasa seperti halnya belajar hal lain, meniru dan mengulang kata yang diucapkan oleh orang lain yang merupakan cara belajar bahasa awal pada bayi. Manusia dewasa (terutama ibunya) di sekelilingnya membetulkan dan memperjelas kata-kata yang salah. Belajar bahasa yang sebenarnya baru dilakukan oleh
anak berusia 6 - 7 tahun, di saat anak mulai bersekolah.

    C.perkembangan emosional pada anak
      Emosi dan perasaan adalah dua hak yang berbeda. Tetapi perbedaan antara keduanya tidak     dapat dinyatakan dengan tegas. Emosi dan perasaan merupakan suatu gejala emosional yang secara kualitatif berkelanjutan, akan tetapi tidak jelas batasnya. Pada suatu saat warna efektif dapat dikatan sebagai perasaan, tetapi juga dapat dikatakan sebagai emosi. Contohnya marah yang akan ditunjukkan dalam bentuk diam. Jadi sukar sekali kita mendefinisikan emosi. Jadi, emosi adalah pengalaman efektif yang disertai penyesuaian dari dalam diri individu tentang keadaan mental dan fisik dan berwujud suatu tingkah laku yang tampak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar