Rabu, 06 Juni 2018

MATERI IPS TENTANG DIRI SENDIRI


Rangkuman pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Sosial untuk SD kelas 1, meliputi materi-materi dan sub tema sebagai berikut:

Diri sendiri

Pada materi diri sendiri, setiap siswa diwajibkan untuk mempelajari tentang:
  1. Mengenal  tentang identitas diri sendiri, meliputi:
  • Nama lengkap
  • Nama panggilan
  • Alamat lengkap
  1. Mengenal  tentang identitas keluarga
Setiap siswa dapat menceritakan tentang
  • Siapa nama ibu dan bapaknya
  • Nama lengkap ibu dan bapaknya
  • Tempat tinggal ibu dan bapaknya.
  1. Mengenal  tentang identitas kerabat
Setiap siswa dapat menceritakan kepada orang lain tentang:
  • Kakek dan neneknya.
  • Paman dan bibinya
  • Nama kakek dan neneknya
  • Nama paman dan bibinya
  • Tempat tinggal paman dan bibinya
  • Tempat tinggal nenek dan kakeknya
  1. Cerita pengalaman diri
Pada tema cerita pengalaman diri, siswa diharapkan dapat menerangkan tentang:
  1. Pengalaman dalam keluarga
Banyak pengalaman-pengalaman dalam keluarga yang tidak bisa dilupakan seperti:
  • Ulang tahun istimewa
  • Belajar bersama keluarga
  • Membersihkan rumah (menyapu, membersihkan kaca dan lain-lain)
  • Berlibur ke pantai
  • Ke pasar bersama keluarga
  1. Pengalaman dalam sekolah
Banyak pengalaman-pengalaman dalam sekolah, seperti misalnya:
  • Maju ke depan mengerjakan latihan soal
  • Maju ke depan kelas bernyanyi sendiri
  • Pengalaman ditegur guru
  • Pengalaman terlambat ke sekolah karena hujan.
  • Pengalaman mendapat pujian karena berprestasi.
  1. Pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan
Setiap siswa diharapkan dapat menerangkan beberapa hal tentang:
  • Pengalaman menyenangkan
# menjadi dokter kecil
# menjadi PMR
  • Pengalaman tidak menyenangkan
# orangtua sakit
# orangtua dinas keluar kota yang lama
  1. Mengambil manfaat dari pengalaman sendiri
Setiap orang mempunyai kejadian atau peristiwa dimana dari kejadian tersebut dapat diambil hikmahnya, seperti:
  • Manfaat pengalaman baik, contohnya
# rajin belajar secara mandiri
   Sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan  
   mendapatkan nilai ulangan yang bagus.
# Selalu mendapatkan nasihat dari orangtua
   Sehingga akan menjadi anak yang baik dan berguna.
  • Manfaat pengalaman buru, contohnya
#  Suka mengganggu teman
Sehingga ketika jatuh dari sepeda maka yang terjadi tidak ada teman yang mau menolongnya.
  1. Keluarga
Dalam keluarga kecil atau besar terdapat lingkaran kasih sayang antara:
#  Kasih sayang orangtua kepada anaknya.
    Bentuk kasih sayang orangtua kepada anaknya misalnya: memberi makan setiap hari, membelikan pakaian, menyekolahkan anaknya, membelikan alat-alat sekolah, memberikan uang saku, membantu belajar dan lain-lain.
#  Kasih sayang anak kepada orang tua
Bentuk kasih sayang anak kepada orangtua bisa berupa: mau menerima nasihat orangtua, apabila orangtua memberikan perintah harus ditaati.
#  Kasih sayang antar anggota keluarga
    Bentuk kasih sayang sesama anggota keluarga,misalnya : saling menyayangi kakak dan adiknya, saling menyayangi kakek dan neneknya, saling menyayangi paman dan bibinya, saling menyayangi bude-budenya.
  1. Sikap rukun
Setiap manusia dalam hidupnya harus mempunyai karakter sikap rukun dalam sesamanya, dan siswa diharapkan dapat mengetahui tentang:
#  Hidup rukun dan tidak rukun
Contoh hidup rukun, misalnya kakak adik bila berangkat sekolah atau pulan sekolah selalu berangkat bersama, menanam pohon di kebun bersama-sama.
Contoh hidup tidak rukun, curang dalam melakukan permainan seperti
bermain kelereng    
#  Hidup rukun dalam keluarga
    Diharapkan siswa menjalani kerukunan antara orangtua (ayah dan ibu),
    adik dan kakak dan sebaliknya.
  • Hidup rukun dalam perbedaan antara anggota keluarga
Contoh dalam perbedaan kebiasaan atau hobi, misalnya adiknya menyukai memainkan piano, sedangkan kakaknya menyukai memainkan gitar, ayahnya menyukai bercocok tanam, sedangkan ibunya menyukai membuat kue.  
  • Menjaga kerukunan antar anggota keluarga
Dalam satu keluarga harus ditanamkan kerukunan antar anggota keluarga yang lain, misalnya: adik bermain lompat tali, sedangkan kakaknya bermain bola diantara keduanya tidak saling mengganggu satu sama lain.      
  1. Peristiwa penting dalam keluarga
Pada materi peristiwa penting dalam keluarga, siswa diharapkan dapat memahami tentang :
# Menceritakan peristiwa pengalaman sendiri
   Siswa diharapkan menceritakan tentang dirinya seperti, memanjat pohon  ingin memetik buah mangga tetapi tiba-tiba terjatuh karena tidak hati-hati, kemudian tiba-tiba ditolong oleh seseorang sehingga peristiwa seperti itu sulit dilupakan sampai sekarang, karena kebaikan orang yang menolongnya.
# Peristiwa-peristiwa penting
   Ada sebuah peristiwa yang sangat penting yang tidak dapat dilupakan sampai sekarang, misalnya:
  1. Pernah mengalami sakit terkena cacar air.
  2. Pernah sakit dan opname di rumah sakit selama 15 hari.
  3. Pernah merayakan ulang tahun dan teman-teman memberikan kado spesial
#  Peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan
  • Peristiwa menyenangkan
Contohnya : berlibur sekeluarga ke pantai dengan menyewa sebuah delman
  • Peristiwa tidak menyenangkan  
Contohnya :  ibu menyuruh kakak menjaga adik, kemudian adik jatuh dan menangis, lalu ibu memarahi kakak karena tidak bisa menjaganya.
#  Menceritakan pengalaman waktu kecil
  • Menceritakan peristiwa yang dialami sendiri
Dapat menceritakan suatu peristiwa yang dialami sendiri seperti ketika adik atau kakak memancing ikan dan mendapatkan ikan yang tidak lazim, kemudian kakak menceritakan kepada orangtuanya.
  • Cerita peristiwa pengalaman sendiri dari cerita orang lain.
Ceritanya ketika kelahiran adiknya. Ketika ibu mengandung dan melahirkan adiknya di rumah sakit swasta, dan kelahiranya ditolong oleh bidan yang cantik, kemudian lahirlah adik dan diberi nama nina.
  1. Letak rumah
#  Menceritakan alamat rumah
    Siswa dapat menceritakan alamat rumah dengan jelas
    Contohnya : rumah adik di jalan anggur nomor 50 desa teladan kecamatan Sukamaju. Letaknya di bagian selatan desa dari SD N. 1 Sukamaju lurus ke selatan ada posyandu dan mushola pas di pertigaan kemudian lurus ke kanan
#  Menceritakan letak rumah
  • Menyebutkan arah
Siswa dapat menyebutkan arah sebuah rumah, contohnya:
Rumah Ani sebelah selatan mushola
Rumah pak lurah sebelah timur posyandu.
  • Menunjuk tempat-tempat umum
Siswa dapat menyebutkan tempat-tempat umum
Rumah Nita bersebelahan dengan jembatan Ampera. Jembatan termasuk tempat umum.
#   Menjelaskan letak rumah
     Siswa dapat menerangkan letak rumah temannya.
     Contohnya : Nina adalah teman Ratna, alamatnya di jalan cantik dusun Sukamaju letaknya jalan cantik sebelah selatan SDN 1 Sukamaju, dari SDN 1 Sukamaju ke timur ada pertigaan, di pertigaan ambil arah kiri, nah di situ ada jalan cantik di urutan ke empat.
  1. Rumah sehat
Siswa diharapkan dapat menerangkan, tentang:
# Ciri-ciri rumah sehat
   Dikatakan rumah sehat, karena rumah tersebut mempunyai pintu, jendela,  ventilasi, mempunyai tempat sampah di depan rumahnya.  Dan rumah sehat mempunya bagian-bagian yang penting, seperti :
  • Ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang belajar, dapur, kamar mandi, kamar kakus atau WC,
# Cara menjaga kebersihan rumah
   Cara menjaga kebersihan rumah diantaranya adalah : menyapu halaman, menjaga kebersihan halaman, menyikat kamar mandi, menyapu lantai, mengelap kaca, menggosok kamar mandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar