Rangkuman pada mata pelajaran ilmu pengetahuan Sosial untuk SD kelas 1, meliputi materi-materi dan sub tema sebagai berikut:
Pada materi diri sendiri, setiap siswa diwajibkan untuk mempelajari tentang:
- Mengenal tentang identitas diri sendiri, meliputi:
- Nama lengkap
- Nama panggilan
- Alamat lengkap
- Mengenal tentang identitas keluarga
Setiap siswa dapat menceritakan tentang
- Siapa nama ibu dan bapaknya
- Nama lengkap ibu dan bapaknya
- Tempat tinggal ibu dan bapaknya.
- Mengenal tentang identitas kerabat
Setiap siswa dapat menceritakan kepada orang lain tentang:
- Kakek dan neneknya.
- Paman dan bibinya
- Nama kakek dan neneknya
- Nama paman dan bibinya
- Tempat tinggal paman dan bibinya
- Tempat tinggal nenek dan kakeknya
- Cerita pengalaman diri
Pada tema cerita pengalaman diri, siswa diharapkan dapat menerangkan tentang:
- Pengalaman dalam keluarga
Banyak pengalaman-pengalaman dalam keluarga yang tidak bisa dilupakan seperti:
- Ulang tahun istimewa
- Belajar bersama keluarga
- Membersihkan rumah (menyapu, membersihkan kaca dan lain-lain)
- Berlibur ke pantai
- Ke pasar bersama keluarga
- Pengalaman dalam sekolah
Banyak pengalaman-pengalaman dalam sekolah, seperti misalnya:
- Maju ke depan mengerjakan latihan soal
- Maju ke depan kelas bernyanyi sendiri
- Pengalaman ditegur guru
- Pengalaman terlambat ke sekolah karena hujan.
- Pengalaman mendapat pujian karena berprestasi.
- Pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan
Setiap siswa diharapkan dapat menerangkan beberapa hal tentang:
- Pengalaman menyenangkan
# menjadi dokter kecil
# menjadi PMR
- Pengalaman tidak menyenangkan
# orangtua sakit
# orangtua dinas keluar kota yang lama
- Mengambil manfaat dari pengalaman sendiri
Setiap orang mempunyai kejadian atau peristiwa dimana dari kejadian tersebut dapat diambil hikmahnya, seperti:
- Manfaat pengalaman baik, contohnya
# rajin belajar secara mandiri
Sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan
mendapatkan nilai ulangan yang bagus.
# Selalu mendapatkan nasihat dari orangtua
Sehingga akan menjadi anak yang baik dan berguna.
- Manfaat pengalaman buru, contohnya
# Suka mengganggu teman
Sehingga ketika jatuh dari sepeda maka yang terjadi tidak ada teman yang mau menolongnya.
- Keluarga
Dalam keluarga kecil atau besar terdapat lingkaran kasih sayang antara:
# Kasih sayang orangtua kepada anaknya.
Bentuk kasih sayang orangtua
kepada anaknya misalnya: memberi makan setiap hari, membelikan pakaian,
menyekolahkan anaknya, membelikan alat-alat sekolah, memberikan uang
saku, membantu belajar dan lain-lain.
# Kasih sayang anak kepada orang tua
Bentuk kasih sayang anak kepada
orangtua bisa berupa: mau menerima nasihat orangtua, apabila orangtua
memberikan perintah harus ditaati.
# Kasih sayang antar anggota keluarga
Bentuk kasih sayang sesama
anggota keluarga,misalnya : saling menyayangi kakak dan adiknya, saling
menyayangi kakek dan neneknya, saling menyayangi paman dan bibinya,
saling menyayangi bude-budenya.
- Sikap rukun
Setiap manusia dalam hidupnya
harus mempunyai karakter sikap rukun dalam sesamanya, dan siswa
diharapkan dapat mengetahui tentang:
# Hidup rukun dan tidak rukun
Contoh hidup rukun, misalnya
kakak adik bila berangkat sekolah atau pulan sekolah selalu berangkat
bersama, menanam pohon di kebun bersama-sama.
Contoh hidup tidak rukun, curang dalam melakukan permainan seperti
bermain kelereng
# Hidup rukun dalam keluarga
Diharapkan siswa menjalani kerukunan antara orangtua (ayah dan ibu),
adik dan kakak dan sebaliknya.
- Hidup rukun dalam perbedaan antara anggota keluarga
Contoh dalam perbedaan kebiasaan
atau hobi, misalnya adiknya menyukai memainkan piano, sedangkan kakaknya
menyukai memainkan gitar, ayahnya menyukai bercocok tanam, sedangkan
ibunya menyukai membuat kue.
- Menjaga kerukunan antar anggota keluarga
Dalam satu keluarga harus
ditanamkan kerukunan antar anggota keluarga yang lain, misalnya: adik
bermain lompat tali, sedangkan kakaknya bermain bola diantara keduanya
tidak saling mengganggu satu sama lain.
- Peristiwa penting dalam keluarga
Pada materi peristiwa penting dalam keluarga, siswa diharapkan dapat memahami tentang :
# Menceritakan peristiwa pengalaman sendiri
Siswa diharapkan menceritakan
tentang dirinya seperti, memanjat pohon ingin memetik buah mangga
tetapi tiba-tiba terjatuh karena tidak hati-hati, kemudian tiba-tiba
ditolong oleh seseorang sehingga peristiwa seperti itu sulit dilupakan
sampai sekarang, karena kebaikan orang yang menolongnya.
# Peristiwa-peristiwa penting
Ada sebuah peristiwa yang sangat penting yang tidak dapat dilupakan sampai sekarang, misalnya:
- Pernah mengalami sakit terkena cacar air.
- Pernah sakit dan opname di rumah sakit selama 15 hari.
- Pernah merayakan ulang tahun dan teman-teman memberikan kado spesial
# Peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan
- Peristiwa menyenangkan
Contohnya : berlibur sekeluarga ke pantai dengan menyewa sebuah delman
- Peristiwa tidak menyenangkan
Contohnya : ibu menyuruh kakak
menjaga adik, kemudian adik jatuh dan menangis, lalu ibu memarahi kakak
karena tidak bisa menjaganya.
# Menceritakan pengalaman waktu kecil
- Menceritakan peristiwa yang dialami sendiri
Dapat menceritakan suatu peristiwa
yang dialami sendiri seperti ketika adik atau kakak memancing ikan dan
mendapatkan ikan yang tidak lazim, kemudian kakak menceritakan kepada
orangtuanya.
- Cerita peristiwa pengalaman sendiri dari cerita orang lain.
Ceritanya ketika kelahiran adiknya.
Ketika ibu mengandung dan melahirkan adiknya di rumah sakit swasta, dan
kelahiranya ditolong oleh bidan yang cantik, kemudian lahirlah adik dan
diberi nama nina.
- Letak rumah
# Menceritakan alamat rumah
Siswa dapat menceritakan alamat rumah dengan jelas
Contohnya : rumah adik di
jalan anggur nomor 50 desa teladan kecamatan Sukamaju. Letaknya di
bagian selatan desa dari SD N. 1 Sukamaju lurus ke selatan ada posyandu
dan mushola pas di pertigaan kemudian lurus ke kanan
# Menceritakan letak rumah
- Menyebutkan arah
Siswa dapat menyebutkan arah sebuah rumah, contohnya:
Rumah Ani sebelah selatan mushola
Rumah pak lurah sebelah timur posyandu.
- Menunjuk tempat-tempat umum
Siswa dapat menyebutkan tempat-tempat umum
Rumah Nita bersebelahan dengan jembatan Ampera. Jembatan termasuk tempat umum.
# Menjelaskan letak rumah
Siswa dapat menerangkan letak rumah temannya.
Contohnya : Nina adalah teman
Ratna, alamatnya di jalan cantik dusun Sukamaju letaknya jalan cantik
sebelah selatan SDN 1 Sukamaju, dari SDN 1 Sukamaju ke timur ada
pertigaan, di pertigaan ambil arah kiri, nah di situ ada jalan cantik di
urutan ke empat.
- Rumah sehat
Siswa diharapkan dapat menerangkan, tentang:
# Ciri-ciri rumah sehat
Dikatakan rumah sehat, karena
rumah tersebut mempunyai pintu, jendela, ventilasi, mempunyai tempat
sampah di depan rumahnya. Dan rumah sehat mempunya bagian-bagian yang
penting, seperti :
- Ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang belajar, dapur, kamar mandi, kamar kakus atau WC,
# Cara menjaga kebersihan rumah
Cara menjaga kebersihan
rumah diantaranya adalah : menyapu halaman, menjaga kebersihan halaman,
menyikat kamar mandi, menyapu lantai, mengelap kaca, menggosok kamar
mandi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar